Apa Saja Manfaat CSV Bagi Dunia Perpajakan dan Apa yang Bisa Membuatnya Error?

Apa Saja Manfaat CSV Bagi Dunia Perpajakan dan Apa yang Bisa Membuatnya Error?

Masih banyak yang belum tahu kalau format file itu bermacam-macam. Sehingga membuat kita masyarakat umum atau biasa agak kesulitan memahami dan mengetahui kegunaan beberapa filefile tersebut.

Untuk kali ini kita akan sedikit membahas kegunaan dari file CSV, lantas apa itu CSV? Sebenarnya file tersebut merupakan singkatan dari Comma Separated Value yang digunakan untuk mmeudahkan penggunanya melakukan input data.

Dalam bentuk standarnya, CSV selalu dipisahkan dengan tanda koma (,) atau tanda titik (.). Ketika user menerima file tersebut, biasanya akan bertuliskan dengan .CSV. Maka kalian harus membuka file tersebut dengan aplikasi Notepad atau sejenisnya.

Kalau berbicara dalam skala besar, format CSV biasa digunakan oleh perusahaan besar, yayasan, sekolah, dan masih banyak lagi. Karena, merekalah yang memiliki basis data sangat besat dalam menggunakan format tersebut.

Sehingga penggunanya akan lebih mudah melakukan pencarian data menggunakan aplikasi untuk membuka file CSV tersebut. Selain itu juga aplikasi untuk kasir dan juga faktur juga menggunakan penyimpanan data dengan format CSV.

Karena itulah, banyak sekali perusahaan yang menggunakan format tersebut. Untuk membuat laporan dan juga melaporkan sesuatu agar database yang jumlahnya besar tidak hilang serta selalu bisa dicari sepanjang waktu dengan mudah.

Manfaat CSV Bagi Perpajakan, Apa Saja Itu?

Karena tadi kita sudah membahas sedikti tentang manfaat dari file CSV ini, maka kita sudah mengerti kalau format tersebut juga sangat berguna di dunia perpajakan, khususnya untuk membuat pajak suatu perusahaan dan sebagainya.

Oleh karena itu banyak sekali perusahaan besar yang menggunakan format CSV untuk membuat laporan pajak tahunan mereka, supaya database benar-benar valid dan tidak bocor kemana-mana. Jadi, intinya menggunakan CSV ini bisa memudahkan kantor atau perusahaan untuk membuat laporan.

Bukan cuma itu saja, adapun manfaat lainnya yaitu untuk mencari data atau database beberapa tahun silam juga cuku mudah, sehingga waktu perusahaan untuk menemukan database atau data yang dicari dalam kurun waktu tertentu menjadi sangat efisien.

Namun file CSV juga sering kali mengalami error atau kendala, sehingga membuat banyak perusahaan atau penggunanya jadi rugi. Lantas apa saja faktor yang membuat file dalam format ini jadi error dan tidak bisa digunakan?

  1. Karena Adanya Virus

Folder penyimpanan atau file CSV ini sering kali terinveksi virus yang berasa dari komputer maupun flasdisk, sehingga file lebih mudah rusak dan juga tidak terbaca. Untuk menghindarinya kalian harus melakukan pemindaian terlebih dahulu untuk membukanya.

  1. Nama File Diubah Semana-mena

Karena di dalam file CSV ini mengandung kode unik, maka sangat tidak disarankan untuk diubah karena alasan tertentu. Sebab bisa jadi jika kalian mengubahnya, maka kode unik tersebut juga akan berubah dan membuat file CSV jadi corrupt atau error.

Itulah beberapa manfaat file CSV bagi dunia perpajakan, banyak sekali manfaatnya, bukan? Untuk itulah kalian harus mempelajarinya, walupun hanya sedikit. Semata-mata untuk menambah pengetahuan dan keahlian kalian di bidang CSV.

Others